Rabu, 21 November 2012

Flora dan Fauna Langka di Indonesia

Hay, guys.
Kalian pasti tahu kan flora dan fauna di dunia ini sangat beragam? Apa lagi di Indonesia, tidak kalah terkenalnya juga kan dengan yang lainnya?
Kali ini kita akan nge-post tentang Flora dan Fauna ^^
Hope you like it!! :)

5 Hewan Terlangka di Dunia


Manusia kadang mengabaikan alam demi kepentingan mereka sendiri, mereka memburu binatang untuk kebutuhan mereka, tak peduli itu hewan yang dilindungi maupun yang tidak dilindungi, sehingga jumlah spesies mereka menjadi langka. Apalagi dengan terdesaknya ekosistem mereka karna pembangunan. Maka tak heran jika jumlah daftar hewan langka makin naik, Dan Taukah kamu bahwa dari beratus-ratus jenis binatang langka, ternyata ada 7 jenis binatang yang dianggap paling langka di dunia. Berikut ini daftar 7 hewan langka yang masih sedikit kami list dari begitu banyak daftar hewan-hewan langka lainnya:

1. The Pinta Island Tortoise


Adanya di kepulauan pinta. Msuk dalam spesies Giant Galapagos Turtoise. Paling langka di dunia soalnya tinggal bersisa 1 yang masih hidup, pinta juga tidak bisa berkembang biak lagi. karena cuma hidup sendiri, jadi tidak bisa membuat keluarga. Subspesies digambarkan oleh Albert G√ľnther tahun 1877 setelah spesimen tiba di London. Pada akhir abad ke-19, sebagian besar Pulau Pinta kura-kura telah terhapus akibat perburuan. Pada pertengahan abad ke-20, diasumsikan bahwa subspesies yang punah sampai laki-laki tunggal ditemukan di pulau pada tahun 1971. Upaya yang dilakukan untuk kawin dengan laki-laki, bernama George Lonesome, dengan subspesies lain, tapi tidak ada telur layak diproduksi. Lonesome George meninggal pada 24 Juni 2012 dan subspesies diyakini telah punah dengan kematian Lonesome George. Namun, 17 generasi pertama hibrida telah ditemukan di Wolf Volcano di Isabela Island selama perjalanan baru-baru ini oleh para peneliti Yale University.

2. Baiji (Yangtze River Dolphin)

Cuma ada 10 dari binatang ini. Adanya di Cina. Aneh yah lumba – lumba nya
Lumba-lumba ini disebut "Dewi Yangtze" di Tiongkok, selain itu, lumba-lumba ini juga disebut Lumba-lumba sungai Tiongkok,Lumba-lumba sungai YangtzeBeijiLumba-lumba sirip putih dan Lumba-lumba Yangtze. Daftar merah IUCN tahun 2007 mengklasifikasi Baiji sebagai spesies kritis, dan kemungkinan spesies ini telah punah. Populasi Baiji menurun dengan drastis pada beberapa dekade karena industrialisasi Tiongkok dan penggunaan sungai untuk memancing, transportasi dan hidrolistrik. Penglihatan Baiji terakhir dikonfirmasi tahun 2004, dengan penglihatan yang tidak dapat dikonfirmasi pada Agustus 2007. Usaha dilakukan untuk menyelamatkan spesies ini, tetapi ekspedisi lumba-lumba air tawar Yangtze 2006 gagal untuk menemukan Baiji di sungai ini. Organisator menyatakan Baiji "punah secara fungsional",yang akan membuatnya sebagal spesies mamalia air pertama yang punah sejak kepunahan singa laut Jepang dan anjing laut biarawan Karibia tahun 1950-an. Kepunahannya juga akan menjadi kepunahan pertama spesiescetacean.

3. The Vancouver Island Marmot

The Vancouver Pulau marmut (Marmota vancouverensis) secara alami hanya terjadi di pegunungan tinggi di Pulau Vancouver, di British Columbia, Kanada. Spesies ini marmut tertentu besar dibandingkan dengan beberapa marmots lain, dan kebanyakan hewan pengerat lainnya. Marmots sebagai sebuah kelompok adalah anggota terbesar dari keluarga tupai, dengan berat orang dewasa bervariasi dari 3 sampai 7 kg tergantung pada usia dan waktu tahun. Meskipun endemik ke Vancouver Island, Marmota vancouverensis sekarang juga berada berhasil di beberapa pusat penangkaran di Kanada serta beberapa situs di Pulau Vancouver di mana kepunahan lokal diamati selama 1990. Ini adalah hasil dari program pemulihan yang berkelanjutan yang dirancang untuk mencegah kepunahan dan mengembalikan mandiri populasi liar dari spesies ini unik Kanada.

4. Hispid Hare

Kelinci hispid (Caprolagus hispidus), juga disebut Assam kelinci adalah penduduk asli leporid ke Asia Selatan, yang bersejarah rentang diperpanjang sepanjang kaki bukit selatan Himalaya. Saat ini, habitat hispid kelinci sangat terfragmentasi dengan luas hunian kurang dari 500 km2 (190 sq mi) memperluas lebih luas diperkirakan 5.000 hingga 20.000 km2 (1.900 hingga 7.700 sq mi). Populasi mengalami penurunan berkelanjutan dalam habitat yang sesuai karena pertanian meningkat, pengendalian banjir, dan pembangunan manusia.





5. Northern Hairy Nosed Wombat

Utara berbulu berhidung wombat dapat 35 cm tinggi, hingga 1 m panjang dan sampai dengan 40 kg. Para perempuan yang sedikit lebih besar daripada laki-laki karena mereka memiliki lapisan tambahan lemak. Hal ini sedikit lebih besar dari wombat umum dan mampu berkembang biak agak lebih cepat (dua muda setiap tiga tahun). Hidung berbulu berhidung utara wombat adalah sangat penting dalam kelangsungan hidup mereka karena mereka memiliki penglihatan yang sangat miskin sehingga mereka bisa mencium bau makanan mereka dalam kegelapan. Ini membutuhkan waktu sekitar satu hari untuk berbulu berhidung utara wombat untuk menggali liang dengan cakar tajam (cakar The wombat itu adalah sekitar 5 cm).



5 Tumbuhan Terlangka di Dunia



1. Balam Suntai


Balam Suntai (Palaquium walsurifolium),balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia.tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang.







2. Raflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia hidup di Tama Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan. Raflesia Arnoldi merupakan tumbuhan parasit yang memerlukan inang untuk hidupnya. Saat ini kondisi habitat Raflesia Arnoldi sangat memprihatinkan sehingga jumlahnya menurun drastis dari tahun ke tahun. Menyusutnya habitat bunga tersebut di antaranya disebabkan kegiatan manusia seperti pembukaan wilayah hutan baik untuk kegiatan pertambangan, pertanian, maupun permukiman.


3. Enau


Enau (Arenga pinnata). Enau atau aren (Arenga pinnata, suku Arecaceae) adalah palma yang terpenting setelah kelapa (nyiur) karena merupakan tanaman serba guna. Palma yang besar dan tinggi, dapat mencapai 25 m. Berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.


4. Mimba

Mimba (Azadirachta indica). Tanaman langka ini mempunyai nama lain Mimbo atau Mimba. Tanaman langka ini merupakan pohon yang tinggi (Arbor) batangnya dapat mencapai 20 m bahkan lebih. Kulit batangnya tebal, batang agak kasar, daun menyirip genap, dan berbentuk lonjong dengan tepi bergerigi dan runcing, sedangkan buahnya merupakan buah batu dengan panjang 1 cm. Buah mimba dihasilkan dalam satu sampai dua kali setahun, berbentuk oval, bila masak daging buahnya berwarna kuning, biji ditutupi kulit keras berwarna coklat dan didalamnya melekat kulit buah berwarna putih. Tanaman ini bisa digunakan sebagai pestisida nabati. Karena daun mimba mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengendalikan hama tanaman, diantaranya adalah sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin, quercitrin, rutin, azadirachtin, dan nimbine.


5. Jelutung

Jelutung atau jelutong (Dyera costulata, syn. D. laxiflora) adalah spesies pohon dari subfamilia oleander. Pohon ini dapat tumbuh hingga 60 meter dengan diameter sebesar 2 meter. Pohon ini tumbuh di semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan bagian selatan Thailand.












1 komentar: